BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Senin, 15 Maret 2010

bumi berulang tahun

Bumi Berulang Tahun, Apa Yang Bisa Kita Lakukan ?
Apr 23, 2008 Kategori : Lingkungan

Setiap tanggal 22 April Bumi kita beri ucapan selamat ulang tahun, sebagai apresiasi kita terhadap Hari Bumi. Dan sudahkah kita bertanya kepada diri kita masing-masing apa yang bisa kita lakukan sebagai wujud cinta kita terhadap Bumi yang menjadi tempat tinggal kita sehari-harinya. Isu pemanasan global, isu pencemaran yang semakin menggila, penggundulan hutan yang semakin kejam, apa yang bisa kita lakukan. Andaikan Bumi bisa menangis, mungkin dia telah menangis karena para penghuninya semakin tidak mempedulikan kelestariannya.

Sebagai penduduk Indonesia, yang notabene terletak di kawasan tropis dan dilalui kathulistiwa, memang akan menjadi dilema untuk menjadikan bumi ini tetap indah. Sedikit review tentang pelestarian lingkungan, mungkin ulasan di bawah bisa sedikit membantu kita untuk peduli dengan alam sekitar.

Penduduk Jakarta tentunya tidak asing lagi dengan kemacetan yang menimbulkan polusi, dari polusi udara, polusi suara, polusi mata. Apa yang bisa dilakukan ?? Marilah kita mulai dengan kesadaran tinggi untuk mengurangi polusi ini. Bagi para pemilik kendaraan pribadi, dimohon dengan sangat untuk memperhatikan kesehatan kendaraannya, apakah masih layak untuk jalan atau tidak. Emisi gas buangnya diperhatikan donk, jangan asal main bisa mengendarai dan menambah tercemar udara. Bagi para pemilik angkutan umum, sadarlah bahwa armada yang ada banyak sekali yang sudah tidak layak jalan, apakah memang keuntungan dari bisnis itu tidak bisa disisihkan untuk maintenance armada yang ada. Sehingga para penumpang pun akan semakin betah dan nyaman berada di dalamnya. Pemerintah, sekali lagi buat pemerintah, cari solusi yang memang berpihak kepada warga khususnya yang di arus bawah, solusikan kemacetan yang parah ini dengan bijak. Sosialisasikan dengan cantik dan persiapkan segala infrastruktur yang ada. Warga Anda menunggu untuk bisa memanfaatkan fasilitas umum itu dengan nyaman dan aman.

AC, yupp, benar sekali, Air Conditioner adalah barang yang sudah sangat familiar di Indonesia. Baik di perkantoran maupun di perumahan. Maklum juga sih memang, Indonesia panas, Indonesia gerah, Indonesia sumpek, tapi apa lantas kita bisa mencari pembenaran atas penggunaan AC yang berlebihan ? Bahkan salah satu perusahaan AC besar di dunia berani memasang tagline iklannya di bilboard bahwa AC tersebut akan membuat Indonesia menjadi lebih dingin. Apakah lantas kalau sudah menjadi dingin akan menjadi beres permasalahan yang ada. Gunakan AC secukupnya saja temans, buatlah lingkungan yang kita tinggali nyaman tanpa harus ada AC yang berlebihan. Sistem sirkulasi udara yang tidak terencana dengan benar, penggunaan elemen rumah kaca yang berlebihan membuat Indonesia semakin panass dan panass.

Satu lagi, sadarkah kita kalau kesadaran kita tentang pengelolaan sampah masih sangat-sangat rendah. Kita main mencampurkan saja semua sampah organik dan non-organik menjadi satu. Pembusukan yang terjadi pun tidak dapat dilakukan dengan sempurna. Awalilah langkah kepedulian Anda dengan memisahkan sampah rumah tangga Anda antara sampah organik dan non-organik. Dan para penyedia jasa pengelolaan sampah, lakukan manajemen yang baik untuk pengelolaan sampah tersebut. Sampah organik tidak akan bermasalah karena dia akan terdaur ulang dengan alam. Tapi kalo untuk sampah non-organik membutuhkan ribuan tahun untuk menetralisirkannya. Semakin banyak bertumpuk kertas, plastik, karet dan bahan non-organik lainnya, semakin riskan bumi kita bisa terasa nyaman dan indah.

Deforestasi, sungguh amat sangat keterlaluan. Jutaan hektar hutan di Bumi ini telah musnah akibat manusia yang tidak peduli dengan alam. Main babat dan menggundulkan semua kekayaan alam yang paling luar biasa adalah hal terbodoh yang pernah saya lihat. Berkubik-kubik potongan kayu setiap harinya saya lihat diangkut melalui truk-truk kontainer. Apa yang harus dilakukan, peduli dan peduli. Pengusaha mebel, furniture, kerajinan tangan ato yang lainnya, ayolah peduli dengan nasib hutan yang kalian babati tiap hari. Pemerintah, jangan berikan izin hak atas pengelolaan hutan terhadap pihak-pihak yang telah terbukti merusak alam itu.

Untuk Anda yang tinggal di wilayah perkotaan dan semakin jarang kawasan hijau-hijauannya, kembangkanlah bakat Anda yang baru dalam hal bercocok tanam. Tanamlah satu dua pohon di dalam pot untuk Anda taruh di balkon apartemen Anda, atau di teras Anda. 2 pohon untuk satu rumah dikalikan seribu rumah di satu kecamatan sudah amat membantu pelestarian alam kita. Pedulilah dari sekarang temans.

Bumi berulang tahun lagi tiap tanggal 22 April, semoga di tahun depan Anda sudah tahu secinta apa Anda dengan rumah yang Anda tinggali, rumah tempat kita berteduh, dan mencari kebaikan. Bukan untuk saling merusak dan menghancurkan, bukan untuk saling membakar dan saling menghabiskan.

SELAMAT ULANG TAHUN BUMI ku !!!!

2 komentar:

U_sshe mengatakan...

...lair e kapan ssus??????
....ultah e di raya in dmanah?????
......jjo lupa undangan e eyya

Viana Dew mengatakan...

.wahh bumi ulang tahun mbarang tto saff, ?